Rabu, 12 April 2017

TARUNA PKTJ Mengikuti Seminar yang diadakan oleh Walikota Tegal dalam rangka Ulang Tahun Kota Tegal ke-437


Forum Literasi Media
Generasi Muda Anti HOAX

Tegal, 12 April 2017 Pukul 14.00 WIB
Dalam rangka ulang tahun Kota Tegal ke 437, Walikota Tegal beserta Keminfo RI melaksanakan seminar tentang Forum Literasi Media Generasi Muda HOAX yang bertempat pada Politeknik Harapan Bersama Tegal. Acara ini dihadiri oleh 5 Taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal yang diwakili oleh jajaran Batalyon Korps PKTJ yaitu Kabid Pendidikan, Publikasi dan Kesehatan Taruna Madya I Dewa Gede Tantara Tesa Putra, Kordinator Seksi Pendidikan Taruna Remaja Kurnia Sandy, Kordinator Seksi Publikasi Taruna Remaja Ridho Hanifianto, dan jajaran anggota publikasi Taruni Muda Sukma Restri Damarjati dan Tya Ariani. Adapun rentetan acara pada kegiatan tersebut antara lain:
1.       Tarian Daerah Tegal
Pembukaan seminar dilaksanakan dengan menampilkan tarian daerah Kota Tegal yang berlangsung a lot dan indah.
2.       Menyanyikan Lagu Wajib Indonesia Raya
3.       Sambutan ketua panitia
Acara ketiga dilanjutkan sambutan oleh ketua panitia pelaksana.

4.       Sambutan Walikota Tegal
Kemudian dilanjutkan oleh sambutan Ibu Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno.

5.       Sambutan Itjen Kominfo
Dan dilanjutkan oleh sambutan Inspektur Jendral Komunikasi dan Informasi Ibu Rosarita Niken Widiastuti.
Bliau berpendapat bahwa Indonesia sedang mengalami masa “Media Metamorfosis” yang merupakan perkembangan media baik dibidang politik, social, dll. Hal ini tentu dapat mengubah pola piker masyarakat Indonesia akibat media metamorphosis ini. Namun, bukan hal positif yang didapat karena begitu banyak hal yang bersifat lebih negative pada perkembangan media ini. Ketika ada berita HOAX, tim KOMINFO langsung bergerak mendatangi lembaga yang diberitakan/bersangkutan untuk menanyakan hal sebetulnya yang nantinya aka nada klarifikasi dari lembaga yang diberitakan.Pola komunikasi : 10% propokatif/adu domba dengan berita yang palsu 90% masyarakat menyebarkannya. Dan bliau meberikan kunci dalam mengatasi berita HOAX yaitu “Ada berita kebencian, Anda hapus bukan disebarkan.” –Rosarita Niken Widiastuti.
6.       Pembacaan Doa
Setelah acara sambutan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Chairul pertanda dimulainya acara seminar.
7.       Penandatanganan MOU
Setelah doa dilakukan penandatanganan MOU

8.       Dilanjutkan Seminar Oleh Bapak Gungun mengenai Berita HOAX : Berita yang belum tentu kebenarannya. Bliau mengatakan pada intinya terdapat 10% orang yang membuat berita HOAX dan 90% merupakan orang yang menyebarkan HOAX.

9.       Seminar Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers, Dewan Pers 16-19  oleh Bapak Imam Wahyudi yang menyebutkan bahwa berita HOAX dpat memberikan pengaruh besar pada pola piker generasi muda Indonesia

Dan acara ditutup oleh sesi tanya jawab yang dilakukan oleh taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan




Beberapa Foto dari taruna PKTJ



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Survei Inventarisasi Jalan Kelas MKTJ C

Dalam rangka mendapatkan pembelajaran secara nyata, kelas MKTJ   C semester I I mengadakan surve i secara langsung ke lapa...